Sunrays

Blogger Template by ThemeLib.com

Powered By Blogger

TERBANG KE MASA DEPAN

Published by ABAD ANTARIKSA under on 20.46

Di bumi waktu berjalan terus tanpa menunggu siapa pun. Tetapi di antariksa seseorang yang melaju dengan laju hampir secepat cahaya akan mendapatkan bahwa waktu hampir berhenti. Maka, andaikata seorang antariksawan dapat dikirimkan ke Galaksi Andromeda dan kembali lagi hampir secepat cahaya, bumi akan bertambah tua empat juta tahun sewaktu antariksawan itu kembali ke bumi, sedangkan umur orang itu sendiri hanya bertambah 56 tahun.

Paradoks ini bukanlah sekedar khayalan belaka. Hal ini untuk pertama kalinya diajukan oleh Albert Einstein dan sekarang telah mendapat dukungan bukti eksperimental dari dunia partikel atom. Meson, yang biasanya berumur pendek, memerlukan waktu lebih panjang untuk melapuk bila bergerak dengan kecepatan amat tinggi daripada bila bergerak relatif lambat: jangka umurnya direntang sebagaimana umur antariksawan akan diperpanjang andaikata ia bergerak dengan kecepatan hampir mendekati kecepatan cahaya.

Meskipun begitu, dalam masa depan yang dapat diperkirakan terbang menuju bintang jauh harus masih merupakan impian belaka. Pembuatan roket, yang agak mendekati kecepatan cahaya pun mungkin masih harus menunggu beberapa abad lagi. Dalam masa hidup kita sekarang ini, kita harus puas dengan kendaraan kecil dan lambat buatan abad antariksa yang kecepatan meluncurnya lebih dari puluhan ribu kilometer setiap jam.

0 komentar:

Posting Komentar