Sunrays

Blogger Template by ThemeLib.com

Powered By Blogger

PEGUNUNGAN DI VENUS

Published by ABAD ANTARIKSA under on 21.25

Venus : Part - 6

Astronomi radar telah memperoleh penemuan luar biasa bahwa di permukaan Venus terdapat jajaran pegunungan dan kawah-kawah besar, atau sesuatu yang mirip itu. Benda-benda ini tidak langsung tampak seperti halnya kapal atau pesawat terbang pada layar sebuah radar militer. Venus begitu jauh hingga berkas gelombang radar akan menyebar dan tak dapat terpusat pada suatu bagian pada planet itu. Gema yang dipantulkan kembali oleh seluruh belahan planet harus dianalisis dengan cermat sebelum dapat memberikan informasi tentang keadaan terperinci di permukaan yang tersembunyi pada planet itu.

Langkah pertama dari rangkaian deduksi yang diperlukan dalam analisis ini memerlukan penentuan daerah tempat bagian-bagian berkas radar tadi dipantulkan kembali. Tugas yang kelihatannya tidak mungkin ini dilakukan dengan mengukur waktu kembalinya gema secara teliti. Gelombang yang dipantulkan oleh bagian Venus yang terdekat, yaitu di pusat belahan yang menghadap ke bumi, akan mencapai bumi lebih awal, dan diikuti oleh gelombang dari bagian lain yang lebih jauh. Tetapi tepi bundaran planet, yang jaraknya sekitar 6.500 kilometer lebih jauh dari bumi daripada pusat planet, akan terdengar paling akhir. Kelambatan waktu itu dapat diukur dengan sangat teliti untuk mengetahui daerah mana yang sedang didengar. Dengan cara itu gema tadi dapat dilacak menurut urutan sejumlah zona berbentuk cincin yang makin lebar dan makin jauh pada planet itu.

Penentuan letak sumber gema secara kasar ini dapat digabungkan dengan mengukur intensitas gema untuk mengetahui bagian-bagian yang menonjol di permukaan. Bila permukaan Venus seragam di semua tempat, jumlah energi yang dipantulkan oleh setiap zona berbentuk cincin tadi akan mengikuti pola yang dapat diramalkan oleh teori. Tetapi bukan itulah yang terjadi. Beberapa daerah ternyata memantulkan energi lebih banyak daripada yang diharapkan oleh teori. Hal ini menujukkan bahwa disitu terdapat satu daerah atau lebih yang daya pantulnya lebih besar. Dengan menganalisis kelambatan waktu kembalinya sinyal-sinyal radio tersebut, para ilmuwan dapat menetukan letak bagian-bagian yang daya pantulnya tinggi pada suatu daerah. Kedudukan sebenarnya bagian itu dalam setiap daerah yang dapat ditaksir karena daerah yang memantulkan energi tersebut bergerak akibat perputaran planet, dan dengan demikian gelombang yang dipantulkan pun menunjukkan adanya pergeseran Doppler yang dapat diukur. Dengan demikian teknik rumit ini memungkinkan orang menggambar peta kasar Venus. Para ahli astronomi radar telah menjadi demikian cerdik dalam pekerjaan semacam itu. Mereka dapat mengikuti bagian yang daya pantulnya tinggi muncul di salah satu tepi planet yang berselubung awan ini, lalu bergerak lambat ke tengah dan lenyap di tepi lainnya.

Bagian yang daya pantulnya tinggi ini oleh beberapa pengamat diduga merupakan jajaran pegunungan mirip yang ada di bumi. Salah satu jajaran yang disebut pegunungan Alpha barangkali panjangnya 3.800 kilometer dan melintang kira-kira dari utara ke selatan, sedangkan pegunungan Beta melintang dari arah barat timur dan mungkin lebih panjang. Kelihatannya lebar Alpha maupun Beta beberapa ratus kilometer dan keduanya memberikan petunjuk tentang adanya struktur yang kompleks. Mungkin terdapat beberapa punggung di setiap jajaran, seperti pada beberapa pegunungan di bumi. Atau mungkin itu mempunyai topografi yang tidak dikenal di bumi dan tak terdapat di tempat lain dalam tata surya.

0 komentar:

Posting Komentar