Sunrays

Blogger Template by ThemeLib.com

Powered By Blogger

PLANET YANG ARAHNYA TERBALIK

Published by ABAD ANTARIKSA under on 21.26

Venus : Part - 5

Cerita yang disampaikan oleh gelombang mikro itu menarik perhatian semua ahli astronomi. Kecuali Uranus, semua planet yang perputarannya telah diketahui mempunyai apa yang disebut perputaran “maju”. Artinya, arah perputaran planet tadi sama dengan arah edarnya dalam orbit di seputar matahari. Tetapi Venus berbeda. Astronomi radar membuktikan bahwa perputarannya “mundur”. Seperti roda yang berputar ke belakang, Venus bergasing dengan arah yang salah. Tidak ada yang mengetahui keanehan ini, namun para ahli astronomi menerimanya sebagai suatu rahasia baru yang menarik. Jawabannya mungkin akan memberikan beberapa kejelasan tentang cara terbentuknya tata surya.

Perputaran mundur Venus ini sangat lambat. Venus bergasing pada porosnya kira-kira satu kali dalam 243 hari bumi. Karena orbitnya di seputar matahari memerlukan waktu 224,7 hari, gabungan kedua gerak itu menyebabkan selang waktu antara matahari terbit dan matahari terbit berikutnya di Venus sekitar 118 hari bumi.

Penentuan kala perputaran Venus merupakan langkah penting bagi para detektif Venus. Ini menunjukkan kepada mereka bahwa suhu Venus tentulah berubah secara mencolok sepanjang siang dan malamnya yang panjang itu. Kenyataan memang demikian. Analisis teliti terhadap gelombang radio yang diperkirakan berasal dari bawah permukaan Venus menunjukkan bahwa suhu permukaan pada sisi yang gelap dapat turun sebanyak 400OC. Pada saat suhu di titik subsurya setinggi 700OC, suhu di titik antisurya (pusat belahan planet paling gelap) kira-kira 320OC. Kawasan kutub mungkin lebih dingin lagi: suhunya barangkali 200OC. Suhu ini diatas titik didih air di bumi (100OC pada ketinggian permukaan laut). Tetapi karena tekanan atmosfer di Venus jauh lebih besar – dan itu berarti naiknya titik didih – mungkin saja air berada dalam keadaan cair di kutubnya yang relatif dingin. Air ini tidak akan sama dengan air di lautan bumi. Mungkin air Venus lebih mirip air bergolak dalam pembangkit listrik tenaga uap yang sedang bekerja penuh.

Tanpa rentetan pendaratan “lunak” yang terkoordinasi di Venus, usaha untuk mengetahui keadaan permukaan di balik awan yang tak bercelah itu kelihataannya mustahil. Namun teknik-teknik baru yang rumit dalam astonomi radio berhasil mengumpulkan sejumlah informasi dengan cara menganalisis panjang gelombang yang dipancarkan dari permukaan. Gelombang yang lebih panjang diperkirakan berasal dari permukaan yang lebih dalam, sedangkan yang pendek berasal dari lapisan yang lebih dangkal. Gelombang ini menyingkapkan bahwa bahan yang lebih dalam memiliki suhu yang yang lebih stabil dan tidak banyak terpengaruh oleh perubahan suhu siang dan malam hari. Pada kedalaman sekitar satu meter, perubahan suhu sudah sangat kecil. Ini berarti bahwa bahan permukaan tentulah berupa penyekat panas yang baik, bahkan lebih baik daripada hampir semua batuan padat. Jadi, banyak daerah yang luas di Venus haruslah diliputi oleh bubukan debu halus, yang sifatnya sebagai penyekat sesuai dengan pengamatan tadi.

2 komentar:

dudy pd mengatakan... @ 17 Agustus 2010 pukul 10.26

Name : Dudy pd
University : UNIKU,English Deparment
Subject : comment and my steatment

Sebenarnya kalo di pikir dengan seksama dan pemikiran yang logis serta percaya
menurut pemikiran saya dan dalam prinsip saya dalam ilmu itu tidak ada kata "TIDAK MUNGKIN" knapa saya bilang seperti itu......!!!
karna saya berjalan dengan ilmu dan ilmu itu penuntun saya" karena ilmu planet earth ini masih ada sampai sekarang""
nah begitu juga mungkin pendapat tentang kelihatanya mustahil harus sedikit di garis bawahi coba menurut logika kecil saya
1 .apakah buntalan asap kotor dapat di netralkan? ya
2. dapat di jernihkan..?? ya
3. dan dapat di bukakan di singkapkan sampai kita melihat dengan jelas kedepan..?? ya
logikanya seperti itu sama halnya dengan keadaan kabut tebal atmosfhire venus yang saya yakini bisa untuk di di bukakan....

apakah kelunakan tanah menjadi masalah.....sedangkan H2O (air) saja yang yang memiliki composisi cair benda tetap bisa mangapung di atasnya...??
tanah hisap yang selama ini ada di planet earth kita yang jika ada benda masuk didalamnya akan selalu terhisap secara perlahan ataupun langsung tertelan jika benda itu bergerak.....dan dari semua itu akan muncul dari satu pertanyaan ???
adakah benda yang memiliki massa ringan yang bisa mengapung dan tak tertelan dalam tanah hisap itu serta tak leleh dalam derajat Celcius kondisi Earth ???
jawabanya : ada.
Mungkin ada sudah dapat menebak benda itu…..!!

Sama halnya kondisi pertanyaan di venus..!!
Sama halnya dengan susunan komposisi venus yang lunak dan dan susunan kadar H2O venus yang panas …..

adakah benda yang memiliki massa ringan yang bisa mengapung dan tak tertelan dalam tanah hisap itu serta tak leleh dalam derajat Celcius kondisi venuz???

Jawabanya : kita cari bersama

Sebenarnya saya sudah sedikit dapat gambaran tentang benda apa yang bisa di terapkan di kondisi venus itu,dari dasar kondisi di Earth kita……….tapi tetap saya tidak bisa menyakinkan komposisi benda ini bisa di terapkan atau tidak di kondisi Venus sebelum saya tau komposisi real keadaan venuz dan kita bisa menerapkannya di sana.

“Sesungguhnya ilmu itu akan selalu datang bila kita cari,dan ilmu itu tidak akan pergi bila kita tetap setia memegang memeliharanya” (dudy pd in book : Secret Science)
i always needid shere you all brother....thank,z (*_^)

dy mengatakan... @ 21 Agustus 2010 pukul 09.28

amusing....

Posting Komentar