Sunrays

Blogger Template by ThemeLib.com

Powered By Blogger

RAHASIA YANG BARU DITEMUKAN

Published by ABAD ANTARIKSA under on 21.33

Mars : Part - 5

Seperti yang kerap kali terjadi dalam ilmu, gambar jelas kiriman Mariner lebih banyak memunculkan rahasia daripada memecahkannya. Walaupun banyak kawahnya, Mars tidaklah seperti bulan. Planet itu juga tidak menyerupai bumi, namun beberapa bagian permukaannya tampak masih muda, segar, dan penuh rahasia baru.

Ada satu rahasia yang tetap memesona. Tak satu Mariner pun menjelaskan “gelombang penggelapan”, yaitu perubahan musiman yang pernah mendukung teori adanya kehidupan di Mars. Pesawat itu terlampau cepat melintasi Mars hingga tidak mampu mengamati perubahan warna atau kegelapan yang lambat.

Mariner VII dengan gemilang mengambil gambar tudung putih Mars yang ternyata tidak rata dan polos seperti tudung es Antartik di bumi. Di situ terdapat kawah-kawah dan ketidakteraturan lainnya. Ada perubahan kecerlangan yang misterius. Beberapa tanda yang menyerupai riak mungkin adalah awan setempat. Tepi tudung kutub itu tidak rata, dan memperlihatkan ditil-ditil halus putih yang mencolok di tengah zona yang lebih gelap. Seperti yang diduga, lereng kawah yang menghadap matahari lebih “bersalju“ daripada lereng yang terlindung bayangan.

Masih diragukan apakah salju Mars itu air yang menghablur seperti salju bumi. Mariner telah membawa peralatan untuk mengukur suhu permukaan Mars. Di dekat khatulistiwa suhunya naik hingga 15O atau 25OC, tetapi di kutub selatan suhunya turun sampai -123OC. Lebih kurang pada suhu inilah karbon dioksida membeku menjadi hablur di bawah tekanan atmosfer Mars. Maka boleh jadi seluruh atau sebagian besar tudung putih Mars itu es kering (karbon dioksida padat).

0 komentar:

Posting Komentar